Jl. Jimerto 25-27 Surabaya - Gedung Pemerintah Kota Surabaya Lt.5

Tatanan 4 - Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat


Indikator untuk menilai keadaan kawasan industri dan perkantoran yang sehat adalah sebagai berikut :

Adanya lokasi khusus industry/ kawasan industry ; Adanya ruangan khusus merokok di lingk perkantoran ; Adanya penataan khusus untuk sektor informal ; Adanya jaminan kesehatan bagi pekerja di semua industri  ; Industri tidak mencemari lingkungan ; Keluhan masyarakat ttg kasus pencemaran akibat industry ; Pemda melakukan pemantauan uudara ambien di kawasasan Industri  ; Menurunnya angka kecelakaan kerja ; Adanya industri peserta PREPER (Program Peningkatan Kinerja Perusahaan ; Angka pengangguran ; Adanya aktifitas pelatihan/ pendidikan/ kursus di balai latihan kerja ; Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan oleh industri/hotel/ RS/lab/kegiatan lain.

1.  Adanya Lokasi khusus industri / Kawasan Industri

    Di wilayah kota Surabaya, terdapat lokasi kawasan industri dalam bentuk estat, yaitu di kawasan rungkut berupa Surabaya Industrial estate Rungkut ( SIER ), selain itu juga terdapat kawasan industri  yang berada di kawasan Margomulyo dan di kawasan Tambak Oso Wilangon. Lokasi industri lainnya adalah di kawasan Karang pilang – waru gunung, kawasan kedung barok, kawasan Tanjung sari dan kawasan Kalianak.

2.  Adanya ruangan khusus merokok di lingkungan perkantoran

    Pada lingkungan kantor, baik kantor pemerintah maupun kantor swasta sebagaian besar telah dilengkapi dengan ruangan khusus untuk merokok

3.  Adanya penataan khusus untuk sektor informal

    Di wilayah kota Surabaya dilakukan upaya penataan areal untuk menampung kegiatan usaha sektor informal seperti pedagang kaki lima. Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk pembangunan sentra-sentra PKL, maupun dalam wujud penyediaan areal atau ruang khusus untuk kegiatan usaha PKL di kawasan atau fasilitas perdagangan ( mal, plasa, pusat perbelanjaan, pasar )  maupun perkantoran.

4.  Adanya jaminan kesehatan pekerja di semua industri

    Pada umumnya pekerja industri di kota Surabaya, mendapatkan jaminan kesehatan dari perusahaan tempat berkerja yang bersangkutan.