Jl. Jimerto 25-27 Surabaya - Gedung Pemerintah Kota Surabaya Lt.5

Tatanan 5 - Kawasan Hutan Sehat


Kawasan hutan di kota Surabaya, berupa kawasan pesisir yang ditumbuhi oleh tanaman bakau (mangrove), dan beberapa hutan kota yang berada di kawasan timur dan barat kota Surabaya. Terdapat beberapa karakter, baik dari sisi ekosistem maupun habitatnya yang memerlukan perhatian khusus, agar kondisi lingkungan tersebut terlestarikan sehingga kondisi lingkungan makro kota Surabaya dapat terjaga dengan kualitas yang terus membaik. Kawasan yang berada di pesisir timur yang cukup banyak tanaman mangrove tersebut lebih dikenal dengan Pantai Timur Surabaya atau Pamurbaya. Pada kawasan tersebut, terdapat satwa-satwa yang perlu mendapatkan perhatian, seperti burung, monyet dan satwa lainnya. Dengan kondisi yang tersebut diatas, Pemerintah kota Surabaya bersama masyarakat melakukan upaya-upaya perbaikan dan pelestarian lingkungan, diantaranya dalam wujud penanaman mangrove, pembangunan fasilitas pejalan kaki dll. Upaya pemerintah kota lainnya adalah dengan menetapkan kawasan Pamurbaya sebagai Kawasan strategis untuk kepentingan penyelamatan lingkungan hidup.Upaya Pemerintah kota bersama masyarakat tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah.

1.  Adanya perda tentang pengendalian perambah hutan, illegal logging, kebakaran hutan

    Dalam konteks pengamanan lingkungan hutan, Dalam hal ini kebijakan Pemerintah kota Surabaya diwujudkan dengan menetapkan kawasan pantai timur sebagai kawasan lindung, baik pada lingkungan pantai maupun lingkungan sungai. Kebijakan tersebut tertuan pada Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Surabaya.

2.  Adanya Illegal Logging/Penebangan Liar

    Kemungkinan adanya penebangan tanaman bakau secara liar, terus menerus diantisipasi dengan melakukan kontrol kawasan pamurbaya, baik dalam konteks penanganan aktif kawasan maupun dalam bentuk pemantauan kawasan.

3.  Menurunnya Kasus Kebakaran Hutan

    Di kawasan hutan mangrove Pamurbaya tidak pernah terjadi kasus kebakaran.

4. Keterlibatan masyarakat menjaga/melestaarikan hutan dan Melakukan Reboisasi

    Kegiatan program reboisasi yang pernah dilakukan diantaranya pada lokasi muara sungai Wonorejo dengan melakukan penanaman 15.000 batang tanaman mangrove. Kegiatan tersebut dilakukan bersama antara Pemerintah kota Surabaya dengan masyarakat baik dari kalangan pengusaha swasta, LSM, kelompok tani, sekolah, perguruan tinggi maupun dari gabungan TNI. Kegiatan lainnya yang pernah dilakukan adalah bersama pengusaha, kader lingkungan, PKK, kelompok tani maupun LSM lingkungan dengan melakukan penanaman sebanyak 10.000 batang.