Jl. Jimerto 25-27 Surabaya - Gedung Pemerintah Kota Surabaya Lt.5

Forum Kota Sehat Surabaya


Sekilas Kota Sehat Surabaya

Kota Sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah (Pasal 1, Ayat 1 Peraturan Bersama MENDAGRI dan MENKES No. 34 Tahun 2005, No. 1138/MENKES/PB/VIII/2005 Tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat).

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur terbagi atas 31 Kecamatan, 160 Kelurahan dan memiliki mobilitas penduduk yang tinggi serta pusat-pusat ekonomi, pendidikan dan layanan kesehatan membuat kota Surabaya tumbuh cepat menjadi kota Besar. Sebagai kota besar, Surabaya tetap memiliki komitmen dalam melakukan pengawasan dan sekaligus pembinaan akibat dampak ekonomi dan sosial serta lingkungan sehingga kota Surabaya mampu mendapatkan berbagai penghargaan tingkat Propinsi maupun Nasional.

Forum Kota Sehat Kota Surabaya dibentuk Wali Kota sebagai bentuk komitmen menjaga Kota Surabaya dari aspek kesehatan, baik kesehatan lingkungan maupun kesehatan ,masyarakatnya dan perkuatan sektor sosial dan ekonomi. Mengingat masalah ekonomi, sosial dan kesehatan memerlukan penanganan melalui kerjasama dengan berbagai kalangan termasuk swasta dan masyarakat, maka keanggotaan Forum Surabaya Kota Sehat berasal dari Jajaran Pemeintah sebagai Pembina, Para Akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat, Swasta dan Sektor informal.

Visi dan Misi

1.1.    Visi

Mewujudkan Surabaya Kota Sehat sebagai rujukan Kota/Kabupaten Sehat di Indonesia

1.2.    Misi

  1. Melakukan sosialisasi program Kota Sehat ke tingkat kecamatan (Forum Komunikasi dan Kelurahan (Kelompok Kerja) sesuai dengan  kegiatan tatanan.
  2. Melakukan pembentukan dan pembinaan ke tingkat kecamatan (Forum Komunikasi) dan Kelurahan (Kelompok Kerja) sesuai dengan kegiatan tatanan
  3. Melakukan mediasi kepentingan Forum Komunikasi dan Kelompok Kerja dengan Pmemerintah
  4. Melakukan pendampingan kegiatan tatanan di Kota Surabaya

 Tujuan

Tercapainya kondisi Kota Surabaya untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Sasaran

1.1.Terlaksananya Program Kesehatan dan sektor terkait yang sinkron dengan kebutuhan masyarakat, melalui pemberdayaan Forum yang disepakati masyarakat.

1.2.Terbentuknya Forum masyarakat yang mampu menjalin kerjasama antar masyarakat, Pemerintah Daerah dan pihak swasta, serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan dalam mewujudkan sinergi pembangunan yang baik.

1.3.Terselenggaranya upaya peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya, serta perilaku dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara adil, merata dan terjangkau dengan memaksimalkan seluruh potensi sumber daya di Kabupaten/Kota tersebut secara mandiri.

1.4.Terwujudnya kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk meningkatkan produktifitas dan ekonomi wilayah dan masyarakatnya sehingga mampu meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi iebih baik.

Jenis Kegiatan dan Tatanan Kota Sehat di Surabaya

1.1.    Permukiman, sarana dan prasarana umum

1.2.    Sarana lalulintas tertib dan pelayanan transportasi

1.3.    Hutan sehat

1.4.    Industri dan perkantoran sehat

1.5.    Pariwisata sehat

1.6.    Ketahanan pangan dan gizi

1.7.    Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri

1.8.    Kehidupan sosial yang sehat

 

Tim Pembina Kota Sehat

Dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan Kota Sehat di Kota Surabaya, diperlukan dukungan kualitas lingkungan fisik, sosial, perubahan perilaku masyarakat melalui peran aktif masyarakat dan swasta serta instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya secara terarah, terkoordinasi terpadu serta berkesinambungan. Untuk itu Pemerintah Kota Surabaya membentuk Tim Pembina Kota Sehat, melalui Keputusan Walikota Surabaya Nomor 188.45/290/436.1.2/2011.

Tugas Tim Pembina Kota Sehat Surabaya adalah sebagai berikut :

a. Melakukan Koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah /Instansi terkait secara berkala untuk membahas berbagai permasalahan perkotaan, meliputi :
  1. Kawasan Permukimam dan Prasarana Umum
  2. Kehidupan Masyarakat Sehat dan Mandiri
  3. Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Pelayanan Transportasi
  4. Kawasan Pariwisata Sehat
  5. Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat
  6. Kawasan Hutan Sehat
  7. Ketahanan Pangan dan Gizi
  8. Kehidupan Sosial yang sehat
b. Melaporkan hasil pelaksanaan tuga Tim sebagaimana dimaksud pada huruf a kepada Walikota Surabaya