Jl. Jimerto 25-27 Surabaya - Gedung Pemerintah Kota Surabaya Lt.5

Wujudkan Surabaya Kota Sehat



Dinkominfo – Sebanyak 2000 pohon trembesi ditanam Pemerintah Kota Surabaya bersama PT. Danamon, Tbk dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Sabtu (11/6) di sepanjang Jl. Soekarno (Area MERR II C Rungkut). Kegiatan ini diselenggarakan guna memelihara dan pelestarian lingkungan dengan mengangkat tema Hutan Penyanggah Kehidupan yang melibatkan komunitas sekitar.

Dalam sambutannya, Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT menyampaikan terima kasih kepada pihak Danamon atas bantuannya dalam melestarikan lingkungan di Surabaya.

“Mengapa saya selalu mengatakan kita harus melakukan pengelolaan terhadap kota Surabaya, karena Surabaya bukanlah mesin yang hanya digunakan untuk eksploitasi secara ekonomis, tetapi jika kota dikelola dengan baik maka saya yakin bahwa pengelolaan kota Surabaya akan berdampak pula pada ekonomi kota ini,” katanya.

Risma menuturkan, beberapa waktu yang lalu ia menerima kunjungan dari tamu asing yakni beberapa duta besar dan pejabat dari 20 negara. Para tamu sempat mengatakan tidak mengira jika kota Surabaya secantik ini, bahkan Menteri Luar Negeri Selandia Baru mengatakan berencana untuk membuka jalur penerbangan baru yakni dari Surabaya langsung ke Selandia Baru.

“Hal ini membuktikan bahwa Surabaya memang layak, jika perekonomian jalan kehidupan masyarakatnya juga jalan, maka itulah kota yang ideal. Jadi bukan hanya kota yang dieksploitasi secara ekonomi melainkan juga harus dikelola dengan baik,” jelasnya.

Yang kedua, Risma membayangkan betapa beratnya mengemban tugas polisi lalu lintas, karena sekarang banyak polisi yang terkena radang paru-paru akibat makin meningkatnya polusi udara.

“Jika permasalahan seperti ini tidak coba kita atasi, maka kedepan berapa orang lagi yang akan menderita radang paru-paru. Tidak bisa kita bayangkan berapa biaya yang akan kita keluarkan jika kota kita tidak sehat. Oleh karena itu, sekarang bagaimana kita bersama-sama mendorong untuk menjadikan kota kita ini sehat kembali,” ujar Risma.

Risma mengaku tidak pernah malu untuk menaman pohon dimana saja, walaupun ada yang sempat meledek. Namun baginya segala sesuatu harus dimulai dari sedikit karena lama-lama pasti akan menjadi bukit. “Oleh karena itu marilah kita menanam pohon, karena bukan hanya akan berdampak pada kehidupan kita melainkan dikemudian hari akan dirasakan oleh anak cucu kita,” seru wanita nomor satu di Pemkot Surabaya ini.

Masih kata Risma, sebenarnya hal terpenting bukanlah mendapatkan piala Adipura melainkan bagaimana mewujudkan Surabaya sebagai kota yang sehat dan layak huni. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, ia berharap makin meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya penghijauan bagi kehidupan.